Breaking News

Sunday 3 January 2016

firefox

Ada ratusan bahkan ribuan search engine yang beredar di dunia maya. Google adalah search engine nomor wahid, jauh meninggalkan para pesaingnya. Saya yakin anda pun pengguna google search engine. Fitur yang dimilikinya membuat kita nyaman memakainya. Tapi seiring dengan aktifitas kita memakai Firefok, tanpa disadari jumlah search engine di Firefok kita semakin bertambah. Hal ini disebabkab karena kita menginstal sebuah aplikasi yang berkaitan dengan search engine tersebut. Dan semua ini akan menyebabkan halaman firefox semakin sempit oleh keberadaan address bar mereka, sehingga kita dibuatnya tidak nyaman. Ini juga yang menyebebkan kinerja Firefox menjadi lamban dan sering mengalami ‘Not Responding’.
Seringkali karakter Google sebagai default search engine Firefox direbut oleh search engine lain yang tidak kita harapkan. Semakin tidak nyaman saja, bukan? Lalu apa solusinya? Lama juga saya belajar tentang ini dari berbagai sumber dan menulisnya sebagai rangkuman untuk postingan kali ini.
Nah, jika kejadiannya seperti di atas, kita perlu melakukan hal-hal seperti berikut:
  • Mengembalikan Google Sebagai Default Searh Engine Di Firefox

Langkah-langkahnya adalah:
  1. Buka Firefox. Ketik ‘about:config’ tanpa tanda kutip pada address bar, enter.
  2. Muncul peringatan seperti gambar di bawah, klik ‘I’lbe Carefull, I promise
  3. Maka akan muncul seperti gambar  di bawah, Klik kiri pada ‘Keyword.URL’, klik kanan dan pilih ‘Modify’. Ganti dengan kode ‘http://www.google.com/search?ie=UTF-8&oe=utf-8&q= ‘ tanpa tanda kutip.
  4. Selesai. Sekarang anda bisa mencoba memasukkan keyword di address bar. Google sudah kembali menjadi default search engine.
  • Menghapus Search Engine Yang Tidak Terpakai

Jika tidak dihapus, search engine lain selain Google bisa menguasai kembali fungsi default. Untuk menghapusnya bisa masuk ke Tool>Add-Ons, akan tampil seperti gambar di bawah. Pilih Extensions. Nah, semua search engine sudah terlihat. Silakan remove untuk menghapus search engine mana yang ingin anda hapus. Tapi pertimbangkanlah pada search engine yang menurut anda berguna. Misalnya saya tidak menghapus Yahoo dan Wikipedia karena saya anggap keduanya memiliki kelebihan dibanding Google.

Nah, sekarang cek ada berapa address bar di fierefox anda? Pastinya berkurang, bukan? Lihat gambar di bawah. Address bar hanya ada 2. Yang sebelah kiri berukuran lebih panjang, milik Google sebagai default search engine. Sebelah kanan milik bersama dari search engine yang lain. Anda tinggal memilihnya sesuai keperluan anda dan masukkan keyword pada address bar tersebut.

  • Menghapus Babylon Toolbar

Babylon toolbar biasanya susah untuk dihapus dengan cara seperti di atas. Untuk menghapusnya anda harus menuju direktori C>Proram File>Mozilla Firefox>Searchplugin. Di situ tampak Babylon Toolbar masih ada. Silakan hapus.
Sementara cukup sekian tutorial dari saya, bila ada kekurangan Insyaallah saya perbaiki. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Designed By